Laporan Karya Wisata Ke Malang Jawa Timur

LAPORAN KARYA WISATA KE MALANG JAWA TIMUR

 

TANGGAL 16-18 OKTOBER 2016

index

DISUSUN OLEH :

Nama          : ABDUL RAHMAN FAUZI

No                : 15

Kelas           : VIII C

 

 

 

 

MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PRAMBANAN KLATEN

TAHUN PELAJARAN 2016/2017


 

MOTTO

 

  • Setiap pemikiran manusia adalah sebuah perca kain yang berserakan, dan kita berpeluang menyajikan menjadi sebuah permadani yang indah dan menawan.
  • Semakin banyak yang kamu baca, semakin banyak yang kamu tahu. Semakin banyak kamu tahu, akan semakin sering kamu belajar. Semakin banyak belajar akan semakin berilmu. Semakin berilmu, makin banyak relasi. Semakin banyak relasi maka akan semakin mudah bagi kita untuk sekedar mengelilingi dunia ini.
  • Belajarlah dari masa lalu jika kita ingin mendefinisikan masa depan.
  • Saya telah belajar segala sesuatu dari banyak kesalahan. Satu-satunya hal yang tidak saya pelajari adalah BERHENTI membuat kesalahan-kesalahan itu.
  • Tujuan utama dari pendidikan adalah mengubah JENDELA menjadi Pintu.

 

 

PENGESAHAN

 

Laporan perjalanan Karya Wisata ke Malang ini telah di setujui dan disahkan pada :

 

Hari                 :

Tanggal           :

Tempat            : MTsN Prambanan

 

 

 

Guru Pembimbing I

 

 

 

(Purwanti,S.Pd)

NIP. 19630502 198703 2 011

Guru Pembimbing II

 

 

 

(Indrayanto Hapsoro)

NIP. 19630202 199303 1 003

 

Mengetahui,

Kepala MTsN Prambanan

 

 

 

(Sriyanto,M.Ag)

NIP. 19600320 198603 1 002

 

 

 

PERSEMBAHAN

 

Dengan penuh kerendahan hati laporan yang sederhana ini saya mempersembahkan kepada :

  1. Orang Tua
  2. Bapak Sriyanto,M.Ag selaku Kepala Madrasah.
  3. Bapak dan Ibu Guru yang telah membimbing.
  4. Guru Bahasa Indonesia yang telah membimbing dalam penyusunan laporan karya wisata ini.
  5. Serta Bapak/Ibu Guru dan Karyawan MTsn Prambanan yang lain.

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga atas petunjuk-Nya saya mampu menyelesaikan makalah Karya Wisata ini. Saya menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan dan pemahaman saya tentang daerah Jawa Timur, menjadikan keterbatasan saya pula untuk memberikan penjabaran yang lebih dalam tentang masalah ini, oleh karena itu kritik dan saran  dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini. Harapan saya, semoga laporan karya wisata ini membawa manfaat bagi kita, setidaknya untuk sekedar membuka cakrawala berpikir kita tentang daerah Jawa Timur.

Akhir kata, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan laporan Karya Wisata ini. Terima kasih Guru Bahasa Indonesia yang telah membimbing dalam penyusunan laporan Karya Wisata ini.

 

 

Prambanan, November 2016

 

 

Penulis

 

 

DAFTAR ISI

 

Judul …………………………………………………………………………………………………………….       1

Motto ……………………………………………………………………………………………………………       2

Persetujuan dan Pengesahan …………………………………………………………………………….       3

Persembahan ………………………………………………………………………………………………….       4

Kata Pengantar ………………………………………………………………………………………………       5

Daftar Isi ……………………………………………………………………………………………………….       6

BAB I PENDAHULUAN ………………………………………………………………………………       7

  1. Latar Belakang ……………………………………………………………………………………. 7
  2. Tujuan Penulisan …………………………………………………………………………………. 7
  3. Tempat Kunjungan Study Tour …………………………………………………………….. 7
  4. Alasan Memilih Tempat Kunjungan ………………………………………………………. 7
  5. Peserta Kegiatan Study Tour ………………………………………………………………… 7

BAB II PEMBAHASAN ……………………………………………………………………………….       8

  1. Museum Angkut …………………………………………………………………………………. 8
  2. Masjid Turen ………………………………………………………………………………………. 9
  3. Selecta ……………………………………………………………………………………………….. 11

BAB III PENUTUP ……………………………………………………………………………………….       13

  1. Kesimpulan ………………………………………………………………………………………… 13
  2. Saran …………………………………………………………………………………………………. 13

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. Latar Belakang

Study tour adalah salah satu kegiatan yang tidak wajib. Dengan adanya karya wisata, kita dapat mengerti perkembangan wisata secara nyata, dan dapat pula mengembangkan daya pikir atau imajinasi kita. Kegiatan tersebut merupakan program yang telah dibimbing dan dapat  digolongkan dalam ekstrakulikuler sekolah. Sehingga dengan adanya wisata, selain akan menambah wawasan, juga dapat dijadikan kegiatan refreshing/penyegar.

  1. Tujuan Penulisan
  2. Memperkaya wawasan para siswa terhadap lingkungan.
  3. Peserta dapat mengetahui pengetahuan tentang sejarah suatu tempat.
  4. Peserta dapat mengetahui manfaat telah dibangunnya suatu tempat.
  5. Tempat Kunjungan Study Tour
  • Museum Angkut
  • Masjid Turen
  • Selecta
  1. Alasan Memilih Tempat Kunjungan
  • Daerah yang tidak strategis, sehingga tidak mudah dijangkau.
  • Untuk mengetahui informasi secara mendetail tentang lokasi tersebut.
  1. Peserta Kegiatan Study Tour

Peserta pelaksanaan study tour tahun 2016/2017 dari MTsN Prambanan ke Malang Jawa Timur diikuti siswa/siswi kelas VIII beserta guru pendamping disetiap busnya.

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

 

  1. Museum Angkut

Kota malang sampai saat ini masih tetap menjadi tujuan wisata yang mash banyak diminati. Ini dibuktikan dengan selalu ramainya tujuan wisata Jatim park 1 dan 2. Batu night spectacular atau BNS, Air terjun cuban rondo, kebun apel dan wisata alam selecata.

Beberapa waktu terakhir jatim park group menambah satu lagi destinasi wisata yang tergolong unik dan menarik untuk dikunjungi yaitu musem angkut. Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa di dalamnya adalah musem transportasi. Tapi musem angkut berbeda dari museum2 yang lain karena jumlah koleksi di dalamnya sangat lengkap dari semua negara di dunia.

Museum Angkut secara administratif berada di kecamatan Batu, Kab malang, Jawa TImu. lebih tepatnya di Jl. Terusan Sultan Agung Atas no. 2 Kota Wisata Batu, malang,  Jawa Timur.  Lokasinya musem angkut ini tidak berada jauh dari wiata jajim park 1. Untuk menuju kesana sangat lah mudah, kita tinggal mengikuti petunjuk arah dari pusat kota malang menuju ke wisata jatim park 1.

Setelah berada  di  Jawa Timur Park 1, kita hanya tinggal melanjutkan jalan lurus saja, nah di ujung jalan itu adalah lokasi musem angkut. Jika kalian masih bingung juga, Kalian bisa menggunakan GPS di ponsel pintar. Musem angkut berada di titik koordinat -7.877655, 112.518969 .

Fasilitas di musem angkut batu malang sangat lengkap. Dari restaurant sampai penginapan sudah tersedia. di dalam musem ataupun di sekitar musem. Apalagi lokasinya berdekatan dengan wisata jatim park 1 , 2 dan BNS (Batu Night Spectacular).

Museum angkut batu malang banyak memiliki koleksi alat transporasi, mulai dari mobil-mobil kuno eropa, gerobak2 kuno asli indonesia Terpajang rapi dis etiap area sehingga benar-benar menggambarkan keadaan sebenarnya pada masa lalu. Bahkan pesawat terbang boeing 737 dan helikopter menjadi koleksi di musem batu malang.

Museum angkut batu malang membagi areanya dalam beberapa zona. Setiap zona dirancangdan didesain sesuai dengan kotaa atau negara asaldari alat-alat transportasi tersebut berasal. Pihak pengelola mengharapkan dengan desain seperti ini pengunjung benar-benar merasakan keadaan sebenarnya.

Zona batavia dan sunda kelapa. Zona ini menggambarkan keadaan kota batavia dan sunda kelapa ketika masa penjajahan. disana terdapat bebrapa alat transportasi masa itu salah satunya adalah gerobak sapi, Becak, Oplet dan bemo.

Zona istana buckingham (buckingham palace). pada zona ini menggambarkan keadaan istana buckingham yang sangat megah. Pengunjung akan semakin betah dengan adanya taman bunga di depan istana yang menggambarkan keadaan istana buckingham yang asli

Zona Gangster Town & Broadway Street. Pada zona ini di desain mirip dengan keadaan gangster town. diaman terdapat koleksi-koleksi mobil kuno yang sering di pakai oleh para gangster. Dan keadaan nya mirip sekali dengan broadway street yang terkenal dengan keramaian dan kesibukan nya.

Zona eropa menampilkan beberapa diorama kota-kota besar di eropa. seperti kota berlin, paris, roma dan london. akan lebih menarik lagi dimana disana di tempatkan beberapa koleksi mobil produksi negara tersebut dan juga koleksi kendaraan yang ramai di pakai di kota tersebut pada masa lalu.

Zona las vegas dan hollywood juga hadir di musem angkut batu malang.  Disini terdapat miniatur kota las vegas dan di sini juga di pamerakan beberapa replika kendaraan yang dipakai untuk shooting di hollywod seperti mobil yang dipakai batman , bahkan kendaraan yang dipakai di film fast to furious

ZOna yang terakhir adalah zona perahu apung. Seperti yang kita ketahui indonesia mempunyai pasar unik yaitu pasar apung. Nah tidak perlu jauh-jauh untuk merasakan belanja dipasar apung. Karena sensai berbelanja di pasar apung dpat kita rasakan di musem angkut kita malang.

Nah menarik bukan ulasan saya tentang museum angkut. Selain menarik museum angkut batu malang ini bisa menjadi sarana belajar untuk mempelajari sejarah transportasi di dunia. Pastikan museum angkut malang menjadi daftar tempat wisata yang akan kalian kunjungi ketika berwisata di kota malang

  1. Masjid Turen

Masjid Ajaib atau juga Masjid Tiban adalah sebenarnya Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang terletak di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah (Bi Ba’a Fadlrah). Nama yang cukup panjang yang mempunyai makna Laut Madu atau, “Fadilah Rohmat” (Segarane, Segara, Madune, Fadhole Rohmat-terjemahan Bahasa Jawa)

Disebut Masjid tiban karena Konon masjid yang sangat megah ini dibangun tanpa sepengetahuan warga sekitar, dan menurut mitos dibangun oleh jin dalam waktu hanya semalam. Namun, ketika desas-desus ini dikonfirmasi kepada “orang dalam”, dikatakan bahwa pembangunan masjid – yang sebenarnya merupakan kompleks pondok pesantren secara keseluruhan – semua bersifat transparan karena dikerjakan oleh santri dan jamaah. Bantahan dari “orang dalam” itu jelas sekali terpampang di depan meja penerima tamu dengan tulisan besar-besar, “Apabila ada orang yang mengatakan bahwa ini adalah pondok tiban (pondok muncul dengan sendirinya), dibangun oleh jin dsb., itu tidak benar. Karena bangunan ini adalah Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah yang murni dibangun oleh para santri dan jamaah.”

Pondok Pesantren tersebut konon mulai dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kiai Ahmad. Bangunan utama pondok dan masjid tersebut sudah mencapai 10 lantai, tingkat 1 sampai dengan 4 digunakan sebagai tempat kegiatan para Santri Pondokan, lantai 6 seperti ruang keluarga, sedangkan lantai 5, 7, 8 terdapat toko-toko kecil yang di kelola oleh para Santriwati (Santri Wanita), berbagai macam makanan ringan dijual dengan harga murah, selain itu ada juga barang-barang yang dijual berupa pakaian Sarung, Sajadah, Jilbab, Tasbih dan sebagainya.

Tak hanya unik, di dalam ponpes tersebut juga tersedia kolam renang, dilengkapi perahu yang hanya khusus untuk dinaiki wisatawan anak-anak. Di dalam komplek ponpes itu juga terdapat berbagai jenis binatang seperti kijang, monyet, kelinci, aneka jenis ayam dan burung.

Arsitek dari pembangunan ponpes ini bukanlah seseorang yang belajar dari ilmu arsitektur perguruan tinggi, melainkan hasil dari istikharah pemilik pondok, KH Achmad Bahru Mafdloludin Sholeh. Karenanya, bentuknya menjadi sangat unik, seperti perpaduan timur tengah, china dan modern. Untuk pembangunannya pun tidak menggunakan alat-alat berat dan modern seperti halnya untuk membangun gedung bertingkat. Semuanya dikerjakan oleh para santri yang berjumlah 250 orang dan beberapa penduduk di sekitar pondok. Romo Kiai sudah mulai membangun pondok dengan material apa adanya. Contohnya, waktu itu adanya baru batu merah saja maka batu merah itulah yang dipasang dengan luluh (adonan) dari tanah liat (lumpur atau ledok).

  1. Selecta

Di Indonesia, rasanya tidak afdhol kalau tempat terkenal tidak memiliki legenda, Selecta salah satunya dan memiliki legenda sendiri dan silakan percaya atau tidak. Sohibul hikayat, Ruyter De Wild meminta nasehat seorang raja di Singosari untuk mencari tempat strategis sebagai peristirahatan, rencananya tempat tersebut dipakai sebagai tempat duduk-duduk santai sambil menikmati indahnya pemandangan alam. Kala itu sang raja mengutus salah seorang empunya yang katanya berkesaktian tinggi dan mampu menerawang alam misteri. Setelah beberapa pilihan tempat dilakukan feasibility study, akhirnya daerah di Desa Tulungrejo ini di seleksi dan memenuhi syarat materiil dan spiritual. Tempat itu didatangi dan ditancapkan api lentera diatas tanah kemudian diamati api itu mengarah kemana ketika angin berhembus dan apakah warna nyala api kebiruan, kemudian empu mengendus tanah apakah mengandung bau suci.

Sejarah Selecta sendiri sudah lama dikenal sebagai tempat untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk kota besar, selain itu Selecta mempunyai sisi sejarah heroik dalam rangkaian peristiwa berdirinya Republik Indonesia. Areal yang kini dikenal dengan Taman Selecta ini dulunya dimiliki pleh seorang penjajah Belanda. Sejak tahun 1928, Selecta menyimpan kenangan historis dan peristiwa di jaman revolusi. Bung Karno selaku proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia konon kabarnya banyak merenung dan menemukan ilham untuk menyatukan bekas kerajaan besar Majapahit dan kerajaan-kerajaan lain di Indonesia seperti Sriwijaya, Mataram, hingga kerajaan diwilayah timur Indonesia. Dari salah satu sudut Taman Selecta inilah tahun 1942 saat pendudukan Jepang selama 15 hari Bung Karno dan beberapa tokoh kemerdekaan RI menginap di villa Brandarice yang kini dikenal dengan villa Bima Shakti. Di Selecta ini Bung Karno beserta tim menyusun ide perjuangan hingga lahirlah teks naskah Proklamasi kemerdekaan RI.

Bung Hatta sebagai satu kesatuan Dwi Tunggal Soekarno-Hatta menjelang konferensi KNIP tahun 1956 juga pernah singgah di villa Bima Shakti. Ketika itu Bung Hatta menyelesaikan Keris Semangat yang menjadi cikal bakal perekonomian Indonesia. Pemikiran luar biasa Bung Hatta dengan menggerakan rakyat untuk menjadi pemeran utama penggerak roda perekonomian Indonesia dimulai dengan koperasi. Dengan semangat ekonomi kerakyatan ala Bung Hatta itu, hingga kini digunakan oleh manajemen PT. Selecta, salah satu prinsip ekonomi kerakyatan adalah dengan mengatur keuangan sebisa mungkin tidak berhutang. Ternyata banyak sejarah lahir di Taman Rekreasi Selecta

Tips Berwisata di Taman Selecta Batu

  1. Bawalah baju hangat seperti jaket dan jumper karena suhu udara di kota wisata Batu ini cukup dingin terutama pada sore hari. Jika perlu menggunakan sandal sepatu agar lebih hangat lagi.
  2. Jika ada rencana untuk bermain air atau berenang, sebaiknya bawalah baju ganti dan handuk serta peralatan mandi lainnya. Tapi ingat, air di taman rekreasi Selecta sangatlah dingin jadi saya sangat tidak merekomendasikan untuk mandi bagi anak-anak
  3. Jika Anda berangkat lebih pagi, maka kemungkinan Anda masih punya waktu tersisa untuk menikmati objek wisata menarik lainnya di kota Batu yang tutup hingga malam hari seperti Museum Angkut (tutup pukul 20.00 wib) dan Batu Night Spectacular (tutup pukul 23.00 wib).

BAB III

PENUTUP

 

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas kemudahan dalam pembuatan makalah karya wisata sehingga dapat saya selesaikan tugas penulisan laporan ini dengan baik. Penulis berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penulisan makalah ini yang tidak bisa saya sebut satu per satu namanya. Semoga penulisan laporan ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya.

Dalam penyusunan laporan ini, jika masih ada kesalahan dan kekurangan dalam penguraian tulisan atau kalimat dan yang lainnya, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

Atas kritik dan saran dari pembaca yang bersifat membangun pada laporan ini, saya mengucapkan banyak terima kasih sehingga laporan karya wisata ini dapat lebih sempurna.

 

  1. Kesimpulan

Dengan melihat uraian yang telah penulis sampaikan, maka dapat disimpulkan bahwa :

  • Dengan adanya objek-objek wisata yang menarik dapat meningkatkan jumlah wisatawan dari Mancanegara maupun Domestik, sehingga dapat menambah dana devisa di daerah Malang, Jawa Timur pada khususnya.
  1. Saran
  2. Perlu ditingkatkannya tenaga-tenaga professional dalam bidang kepariwisataan yang memiliki pengalaman, keterampilan dan kemampuan berinteraksi yang baik dengan cara mendirikan perguruan tinggi pariwisata, pendidikan menengah pariwisata, pusat penelitian dan pengembangan pariwisata.
  3. Perlu adanya penambahan fasilitas-fasilitas yang masih dianggap kurang seperti tempat parkir, transportasi dan akomodasi. Karena hal tersebut sangat berpengaruh bagi kemajuan jasa pariwisata Malang Jawa Timur.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://piknikasik.com/museum-angkut-tempat-tepat-untuk-mengenal-sejarah-transportasi-dunia

http://masjid-malang-ajaib-tiban.blogspot.co.id/2014/11/masjid-tiban-turen-malang-jawa-timur.html

http://tempatwisataseru.com/wisata-selecta-malang/

 

Advertisements

Author: mcpprambanan

Ingin Meraih Angan-Angan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s